CARA MENGINGAT YANG UNIK

Banyak cara mengingat yang membuat kita lupa dengan hal yang kita hapalkan. Kali ini, saya akan mengungkap  rahasia recall dalam otak. Cara yang unik ini saya dapatkan dari bunda Widyastuti, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Beliau adalah seorang psikolog handal yang membuka cabang praktik di kota Makassar. Beliau berpesan pada saya bahwa cara mengingat yang unik ada beberapa. Diantaranya :


1. Putarlah lagu yang nge-tren pada zaman kita mempelajari ilmu itu agar mudah terpanggil kembali di dalam otak kita. Misalkan pada waktu kita SMA, lagu yang paling nge-tren adalah BONDAN-KITA SELAMANYA. Jadi sekarang untuk mengingat kembali pelajaran di masa itu, putarlah lagunya dan tenangkan pikiranmu, maka pelajaran yang kau inginkan akan muncul di otakmu.


2. Buatlah Catatan kecil berwarna ataupun gambar-gambar yang kau sukai pada lembaran catatanmu meskipun jumlah catatanmu tidak lengkap. Misalkan ada suatu materi perkuliahan yang di dalamnya sangat banyak teori. Nah, dari hal itu kamu tidak perlu melengkapi catatan kuliah sampai puluhan lembar. Cukup dengan membuat catatan inti dan berwarna sebab warna akan merefresh otak kita sehingga ia akan memudahkan untuk mengingat catatan tersebut.


3. Belajarlah di tempat-tempat yang unik seperti lapangan, di atas pohon dll (terserah dimana tempat yang kamu sukai). Nah, suatu ketika kamu lupa dengan apa yang kamu pelajari, pergilah di tempatmu belajar agar apa yang kamu lupa bisa teringat kembali.


4. Jangan menyulitkan dirimu pada saat mempelajari sesuatu. Buatlah semua menyenangkan agar dirimu rileks dan tidak mengeluh pada apa yang kamu pelajari. Faktanya, hal yang menyenangkan akan selalu kita ingat.


Selamat mencoba!

3 komentar:

  1. iya, sama-sama.. sering2 berkunjung ya.. dan baca artikel lainnya.. :)

    BalasHapus
  2. aga aneh sih caranya, tapi layak dan patut tuh untuk dicoba,, makasih ya...

    BalasHapus