Statistika adalah ilmu matematika yang mempelajari signifikansi sesuatu. Biasanya, statistika digunakan dalam penelitian kuantitatif. Nah, bagi segelintir manusia, statistika dan ilmu hitungan lainnya adalah hal yang sulit dan membosankan. Kali ini, pusat ilmu psikologi akan memberika cara belajar statistika yang baik dan benar>>>>>



1. belajar dengan teratur dan bukan sekaligus.
Belajarlah statistik untuk satu-dua jam sehari selama enam hari.  Pembelajaran yang teratur jauh lebih efektif ketimbang harus didtem kebut semalam, (bukan ngebut motor seperti di jalan veteran makassar kalau malam hari). hehehe
2. jangan malu-malu untuk bertanya pada guru atau dosen anda.
Saat ini kami sebagai seorang mahasiswa di salahsatu perguruan tinggi negeri makassar. Kami heran dengan beberapa teman, ketika diberikan kesempatan untuk bertanya seringkali tidak ada yang mengangkat tangan. Tetapi ketika minggu depan diberikan ulasan ulang pembahasan minggu sebelumnya, hampir dipastikan mereka sudah lupa.  Statistik itu memang kelihatan sulit tapi sebenarnya mudah.  Bertanyalah pada dosen anda karena umumnya mereka senang untuk menjelaskan.  Jika anda ingin pintar, tanyalah sama ahlinya, yaitu dosen anda!
3.berlatih.
Berlatihlah sebanyak mungkin dengan variasi soal sebanyak mungkin.  Hal ini akan memperkaya pengetahuan anda akan statistik.  Anda tidak bisa hanya membaca tanpa praktek.  Ini adalah kunci sukses semua pelajar unggul.  Belajar dan praktekkan berulang-ulang sampai mahir!

4. Lupakan Rumusnya.
Iya, betul, lupakan saja rumusnya.  Statistik bukan belajar menghapal rumus.  Yang penting ialah kamu tahu kapan menggunakan rumus-rumus statistik itu dan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. Sangat jarang ada orang yang masih ingat rumus-rumus statistik jika ditanyakan beberapa bulan ke depan.  Blog ini juga berusaha me-nol-kan rumus dan lebih mengedepankan filosofi mengenai teknik, tips dan trik statistik.  Bukan berarti rumus tidak penting, rumus  tetap akan digunakan jika kita sudah masuk dalam tahap pelaksanaan/pengerjaan.  Kalau memang rumus diperlukan lagi, tinggal buka saja lagi bukunya atau search di google.

5. gunakan program statistik
Saat ini sudah banyak program-program statistik yang beredar baik yang bersifat umum (SPSS, Minitab, SAS, STATA, Excel), hingga yang bertujuan khusus seperti Eviews, LISREL dan lain-lain.  Program statistik ini sangat meringankan tugas seorang peneliti.  Peneliti tidak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual dengan rumus-rumus yang rumit dan memusingkan.  Peneliti hanya perlu tahu senjata (baca: alat analisis statistik) yang diperlukan ketika menghadapi permasalahan yang ada kemudian diselesaikan dengan komputer.  Saat ini sudah banyak beredar buku yang membahas aplikasi program statistik di toko-toko buku.  Tinggal dipilih saja. Umumnya yang populer ialah SPSS dan Minitab.

sekian dulu dari kami, baca juga ciri cowok tidak setia, 7 ciri cinta sejati. dan tes wartegg psikologi

0 komentar:

Poskan Komentar