JENIS TES PSIKOLOGI DAN MENGHADAPINYA : (2) TES ARMY ALPHA

Di dalam dunia psikologi, memang ada beberapa tes yang akan digunakan untuk melihat ketelitian dan konsentrasi. Salah satu tes yang biasanya muncul, namun jarang diketahui orang banyak adalah ARMY ALPHA. Tes ini adalah sebuah tes yang awalnya digunakan untuk mengetes calon tentara yang akan menghadapi perang-perang besar. Namun, sekarang, tes ini bertujuan untuk melihat ketelitian dan konsentrasi orang lain.

Contoh :


INSTRUKSI / PERINTAH TEST ARMY ALPHA:

1. Lihatlah lingkaran-lingkaran pada soal No.1  Buatlah sebuah silang dalam lingkaran ke dua dan sebuah huruf dalam lingkaran ke lima.
Mulai..!! (5 detik)  _______ Stop !

2. Lihatlah No. 2. Lingkaran- lingkaran itu bernomor, dengarkan baik-baik. Tariklah sebuah garis dari lingkaran ke tiga ke lingkaran ke enam. Garis itu lewat di bawah lingkaran ke empat dan diatas lingkaran ke 5.  
Mulai..!! (5 detik)  _______ Stop !

3. Lihatlah soal No.3 dan perhatikanlah baik-baik : Jika betul bahwa pesawat udara lebih cepat dari mobil, buatlah koma dalam lingkaran pertama. Jika tidak, coretlah perkataan “tidak”.
Mulai..!! (5 detik) _______ Stop !

4. Sekarang No. 4 dan dengarkan baik-baik. Tulislah dalam lingkaran ke tiga jawaban yang betul dari pertanyaan : “ Berapa harikah 1 minggu itu?” Dalam lingkaran ke empat tidak dibuat suatu apapun, tetapi tulislah dalam lingkaran ke lima jawaban yang salah dari pertanyaan tadi.
Mulai..!! (10 detik) _______ Stop !

5. Lihatlah segi tiga dan lingkaran pada No. 5 Dengarkan baik-baik. Buatlah sebuah silang pada bidang yang terletak dalam lingkaran, tetapi tidak dalam segitiga. Dan tulislah huruf “ A “ pada bidang yang terletak dalam lingkaran dan juga dalam segitiga.
Mulai..!! (10 detik) _______ Stop  !

6. Lihatlat No. 6  Dengarkan : Tulislah huruf “ X “ pada bidang yang terletak dalam segitiga tetapi tidak dalam bujur sanglar, dan tulislah huruf “ Y “ pada bidang yang terletak dalam bujur sangkar dan segi tiga tetapi tidak dalam lingkaran.
Mulai..!! (10 detik) _______ Stop !

7. Lihatlah No. 7  Dengarkan baik-baik. Buatlah sebuah garis dibawah huruf yang tepat mendahului huruf E, dan buatlah pula sebuah garis yang melintang huruf kedua yang mendahului “ M “.
Mulai..!! (10 detik) _______ Stop !

8. Lihatlah No. 8  Perhatikanlah ketiga lingkaran dan ketiga perkataan-perkataan itu. Tulislah dalam lingkaran pertama, huruf kedua dari perkataan pertama, Dalam lingkaran kedua, huruf ketiga dari perkataan kedua, dan dalam lingkaran ketiga, huruf penghabisan dari perkataan ketiga.
Mulai..!! (15 detik) _______ Stop !

9. Lihatlah No. 9 dengarkan baik-baik. Coretlah tiap-tiap bilangan yang lebih besar dari 30 tetapi kurang dari 40.
Mulai..!! (15 detik) _______ Stop  !

10. Lihatlah No.10 Perhatikan bahwa gambar itu terbagi atas 5 bagian. Tulislah angka 8 atau 6 dalam 2 bagian yang kecil dan angka antara 1 sampai 5 dalam bagian hampir paling besar.
Mulai..!! (15 detik) _______ Stop  !

11. Lihatlah No.11 dengarkan baik-baik. Coret tiap-tiap angka ganjil yang tidak berhuruf dan tidak terletak dalam segitiga, dan coretlahpula tiap angka genap yang berhuruf dalam lingkaran.
Mulai..!! (15 detik) _______ Stop !

12. Sekarang nomor terakhir, Lihatlah No.12 Perhatikan baik-baik : Apabila 5 lebih besar dari 3, coretlah angka 4, kecuali kalau 4 lebih besar dari pada 6, dalam hal ini buatlah sebuah garis dibawah angka 5.
Mulai..!! (10 detik) _______ Stop !

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com