CARA MERAWAT MOTOR PRIBADI


Setiap pengendara motor pasti ingin merasakan kualitas motornya bertahan lama agar nyaman untuk digunakan. Motor 4 tak adalah motor yang cukup banyak dimiliki oleh warga Indonesia. Kali ini, Pusat Ilmu Psikologi akan memberikan sedikit tips n trik untuk menjaga ketahanan motor pribadi anda, karena motor pribadi adalah pacar yang selalu setia menemani kita. Hehehehe




1. Periksakan Busi Sepeda Motor
Setiap 12 KM, perikasalah busi motor apakah ia masih layak pakai atau tidak. Sebaiknya ini dilakukan oelh orang-orang atau kawan anda yang dianggap ahli. Tapi kalau mau coba cek, tidak ada masalah.

2. Cek Filter Karburator
Filter karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan kering. Model filter basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. Kebanyakan motor sekarang menggunakan tipe kering. Cara perawatannya cukup mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor.

3. Periksa Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang. Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km. Periksa juga kondisi gir, apakah ia masih tajam atau tumpul.

4. Membersihkan Karburator
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.

Untuk tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke atas, juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet. “Bedanya hanya disetelan angin, untuk tipe ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam,” paparnya. Untuk penyetelan klep motor 4 tak, adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.

5. Cek Kondisi Aki
Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus (non maintenance). Wajib ganti; biasanya tiap 3 tahun keatas. Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, perlu di cek setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi.

Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah adalah, motor tidak mampu di starter. Tidak disarankan untuk memaksa motor menyala dengan cara di dorong, karena ini dapat merusak gigi transmisi.

6. Panaskan Mesin Motor
Panaskan mesin motor sebelum dijalankan, tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Fungsinya, agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Tidak perlu lama-lama memanaskannya, karena akan membuat pipa knalpot menguning. Cukup 3-5 menit.

7. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli
Meski suku cadang asli sedikit lebih mahal, namun Anda akan merasa puas karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang palsu.

Selain beberapa hal di atas, Tekanan ban juga sangat penting. Tekanannya jangan terlalu keras dan jangan kurang, karena dapat mengakibatkan kembang banmotor menjadi rusak

Perawatan di atas sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri, namun bila tak punya waktu atau kurang mengerti caranya, carilah bengkel tempat servis langganan atau yang dapat Anda percayai. Jika Anda bersahabat dan rajin merawat kendaraan, makamotor kesayangan Anda pun akan selalu tampil prima.

Baca juga artikel berikut :

CARA BELAJAR STATISTIKA YANG BAIK DAN BENAR | KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMPUTER | CARA MEMPERBAIKI NILAI ERROR PADA MATA KULIAH | CARA MENCINTAI MATEMATIKA | CARA MENGHILANGKAN KETOMBE | CARA UNIK MEMPERLIHATKAN BLOG KEPADA ORANG LAIN | 11 PERSONAL CONSTRUCT GEORGE KELLY | TEORI KEPRIBADIAN GORDON W. ALLPORT | CARA ALAMI HIDUP SEHAT | TELINGA KANAN LEBIH CEPAT MENERIMA INFORMASI | CARA MENAKLUKKAN TES PSIKOLOGI

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com