Setiap pengendara motor pasti ingin merasakan
kualitas motornya bertahan lama agar nyaman untuk digunakan. Motor 4 tak adalah
motor yang cukup banyak dimiliki oleh warga Indonesia. Kali ini, Pusat Ilmu
Psikologi akan memberikan sedikit tips n trik untuk menjaga ketahanan motor
pribadi anda, karena motor pribadi adalah pacar yang selalu setia menemani
kita. Hehehehe
1.
Periksakan Busi Sepeda Motor
Setiap 12 KM, perikasalah busi motor apakah ia
masih layak pakai atau tidak. Sebaiknya ini dilakukan oelh orang-orang atau
kawan anda yang dianggap ahli. Tapi kalau mau coba cek, tidak ada masalah.
2. Cek
Filter Karburator
Filter karburator terbagi dua, yaitu jenis basah
dan kering. Model filter basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu
dilumasi oli setelahnya. Kebanyakan motor sekarang menggunakan tipe kering.
Cara perawatannya cukup mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor.
3. Periksa
Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu
kencang. Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi
dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau
sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km. Periksa juga kondisi gir, apakah ia
masih tajam atau tumpul.
4.
Membersihkan Karburator
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk
menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut
setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2
putaran.
Untuk tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke
atas, juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet. “Bedanya hanya
disetelan angin, untuk tipe ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum
jam,” paparnya. Untuk penyetelan klep motor 4 tak, adalah setiap 12 ribu hingga
18 ribu km.
5. Cek
Kondisi Aki
Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya
telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus (non
maintenance). Wajib ganti; biasanya tiap 3 tahun keatas. Sedangkan motor yang
menggunakan aki basah, perlu di cek setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering,
segera diisi.
Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah
adalah, motor tidak mampu di starter. Tidak disarankan untuk memaksa motor
menyala dengan cara di dorong, karena ini dapat merusak gigi transmisi.
6. Panaskan
Mesin Motor
Panaskan mesin motor sebelum dijalankan, tidak
perlu lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Fungsinya, agar sirkulasi oli dapat
melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Tidak perlu lama-lama memanaskannya,
karena akan membuat pipa knalpot menguning. Cukup 3-5 menit.
7. Gunakan
Sparepart (Suku Cadang) Asli
Meski suku cadang asli sedikit lebih mahal, namun
Anda akan merasa puas karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di
banding yang palsu.
Selain beberapa hal di atas, Tekanan ban juga
sangat penting. Tekanannya jangan terlalu keras dan jangan kurang, karena dapat
mengakibatkan kembang banmotor menjadi rusak
Perawatan di atas sebenarnya dapat Anda lakukan
sendiri, namun bila tak punya waktu atau kurang mengerti caranya, carilah
bengkel tempat servis langganan atau yang dapat Anda percayai. Jika Anda
bersahabat dan rajin merawat kendaraan, makamotor kesayangan Anda pun akan
selalu tampil prima.
Baca juga artikel berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar