Flora dan Fauna adalah panggilan akrab buat tumbuhan dan hewan. Mereka adalah makhluk hidup juga yang suka melakukan persebaran. 

Mereka melakukan perpindahan itu bukan dengan kemampuan internalnya saja, seperti berjalan dll. Mereka dibantu oleh sistem alam yang telah ada. Nah, persebaran tumbuhan dan hewan di muka bumi dipengaruhi oleh 3 faktor utama, yaitu :


A. Penyebab Persebaran
1.Tekanan Populasi, dengan bertambahnya jumlah populasi di dunia ini, maka tumbuhan dan hewan akan berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain dan menyebabkan jumlah mereka tersebar di dunia
2.Persaingan, persaingan yang dimaksudkan disini adalah perebutan wilayah kekuasaan. Nah, tumbuhan yang kuat mempertahankan wilayahnya akan menghasilkan populasi besar sehingga ia menyebar.
3.Perubahan Habitat, berubahnya lingkungan tempat tinggal dapat menyebabkan ketidakmampuan dalam beradaptasi terhadap perubahan tersebut dan menjadi merasa tidak cocok untuk terus menempati daerah asal.

B. Sarana Persebaran
1.Udara, dalam hal ini digunakan oleh hewan untuk terbang. Sedangkan hewan menggunakan tekanannya dalam bentuk perpindahan benih dari satu tempat ke tempat yang lain.
2.Air, kemampuan hewan dalam berenang terutama hewan-hewan air menyebabkan perpindahan mudah terjadi.  Benih tumbuhan dapat terangkut dan berpindah tempat dengan menggunakan media aliran air sungai atau arus laut.
3.Tanah, sudah jelas. Hewan dan tumbuhan membutuhkan tanah untuk persebaran.
4.Pengangkutan Manusia, baik secara sengaja ataupun tidak manusia dapat menyebabkan perpindahan tumbuhan dan hewan. Seperti tikus yang terperangkap di dalam tas seseorang, atau mungkin benih kembang sepatu yang melengket si baju seseorang.

C. Hambatan Persebaran
1.Hambatan Iklim, keadaan iklim terutama yang bersifat ekstrim dapat dapat menghambat persebaran misalnya kondisi temperatur, kelembaban udara dan curah hujan.
2.Hambatan Edafik (tanah), tanah sangat berpengaruh bagi tanaman/tumbuhan karena sangat memerlukan unsur-unsur penting dalam tanah yaitu unsur hara, udara, kandungan air yang cukup. Lapisan tanah yang tipis dan keras membuat hewan-hewan yang terbiasa menggali tanah dan bertempat tinggal di dalam tanah memilih mencari daerah yang lapisan tanahnya tebal dan gembur.
3.Hambatan Geografis, bentang alam muka bumi dapat menghambat persebaran tumbuhan dan hewan seperti samudera, padang pasir, sungai dan pegunungan.
4.Hambatan Biologis, kondisi lingkungan yang cocok untuk hidup serta persediaan bahan makanan yang melimpah menjadi faktor penghambat tumbuhan dan hewan dalam bermigrasi. Hal ini berkaitan dengan kecocokan dengan kondisi alam.

Sekian dulu yah. Baca juga hewan purba Indonesia yang masih hidup.

0 komentar:

Poskan Komentar