TEKNIK REGRESI ITU MUDAH

Bingung gara-gara Regresi? atau tidak tahu soalnya mau diapakan?
Silahkan baca artikel Regresi di bawah ini.

1. Anda tidak diharuskan mengingat rumus garis yang seperti :
    Y = a +bX   Cukup anda mengenali bahwa teman huruf a adalah b dan teman huruf x adalah y.
2. Saya kasi contoh data yaaaa,,
    Bagaimana persamaan garis dari data di bawah ini?
   
























3. Jangan bilang itu susah, saya akan menjelaskan penyelesaiannya kawan-kawan.
 













    Rata-rata Xi adalah 214 : 10 = 21,4
    Rata-rata Yi adalah 30,6 : 10 = 3,06

    Keterangan :
    Xi = nilai data X
    Yi = nilai data Y
    (Xi-) = x kecil = nilai Xi - nilai rata2 Xi
    (Yi-Ÿ) = y kecil = nilai Yi - nilai rata2 Yi
    (Xi-) (Yi-Ÿ) = x(kecil).y(kecil) = nilai perkalian deviasi
    (Xi-) 2  = Pangkat dua dari nilai x (kecil)
    (Yi-Ÿ) 2  = Pangkat dua dari nilai y (kecil)


4. Nah, dari hasil itu, kita bisa mencari persamaannya dengan melanjutkan cara berikut, JANGAN  takut. Disini, saya menggunakan rumus standar dari pencarian nilai (b). Namun pencarian nilai (a), saya gunakan rumus kilat yang hasilnya sama (sudah berkali-kali saya uji).
    


















Selamat mencoba dan belajar..  SEMANGAT!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar