4 APLIKASI ALIRAN BESAR PSIKOLOGI

Aliran besar dalam psikologi ada 4, yaitu Psikoanalisa, Behaviorisme, Kognitif dan Humanistik. Keempat aliran ini bukanlah aliran-aliran yang sempurna, namun aliran-aliran ini adalah teori yang saling melengkapi sehingga Psikologi bisa terkenal di dunia keilmuan dan dijadikan sebagai anak dari ilmu Filsafat. Sebagaimana kita tahu bahwa filsafat adalah induk dari segala imu pengetahuan. Psikologi adalah ilmu pengetahuan termuda yang pengaplikasiannya dalam dunia ilmu pengetahuan dapat diterapkan dan dibuktikan. Adapun Pembagian dan penjelasan tentang teori tersebut adalah sebagai berikut :

1. Psikoanalisa
Tokoh hebat : Sigmund Freud (dibaca sigmeun froid)
Struktur dari psikologi menurutnya adalah id, ego dan superego. Id itu berfungsi sebagai inti dari manusia yang di dalamnya terdapat kebutuhan-kebutuhan seperti makan dan kebutuhan seks. Ego berfungsi sebagai fisik pemuasnya seperti ketika mau makan maka mulut dan tanganlah yang bertindak, nah mulut dan tangan inilah yang dimaksud dengan ego. Sedangkan superego berfungsi sebagai penahan dari kejadian-kejadian negatif. Ketika ego menginginkan makan, dan ego siap melakukannya namun makanan itu milik orang lain, maka superegolah yang menstabilkan suasana dan melarang ego mengambil sesuatu yang bukan haknya. Sigmund Freud mengatakan bahwa sebagian besar yang memengaruhi kehidupan adalah id.


2. Behaviorisme
Tokoh hebat : Ivan Pavlov
Struktur dari psikologi secara umum menurut Ivan Pavlov adalah tingkah laku. Ia mengatakan tingkah laku merupakan hal yang dapat dilihat sehingga dapat dihitung secara nyata. Tingkah laku juga menunjukkan cara belajar dari seseorang.
Ivan pavlov mempraktekkan teori ini menggunkan anjing seperti gambar di bawah.
Ivan Pavlov mengatakan bahwa yang dapat diteliti hanyalah hal yang mampu dilacak oleh visual kita. Sehingga itu termasuk da;am salah satu komponen ilmu pengetahuan yaitu dapat dinalarkan.


3. Kognitif
Tokoh hebat : John B. Watson
Dia menyatakan persetujuan kepada pencetus teori Behaviorisme namun ia mengatakan bahwa segala sesuatu tidak akan dapt diamati kalau manusia tidak memilik kognitif. Sehingga dia membuat teori psikologi kognitif dari hal itu, nah dari kognitif itulah muncul perbedaan persepsi. Coba tebak, Apakah gambar di bawah ini merupakan kakek tua atau seorang pria berkuda?


4. Humanistik
Tokoh hebat : Abraham Maslow
Struktur kepribadian maslow mengikuti perkembangan kognitif, kemampuan dan keingina seseorang. Dia mengatakan bahwa manusia adalah makhluk yang sangat berbeda dengan makhluk lain sehingga ia memilik tahapan keinginan dan tidak dapat dipraktekkan percobaannya menggunakan hewan.
Ini dia struktur kkeibngian atau kebutuhan manusia :
Sekian dulu 4 aliran besar psikologi. Baca juga cara psikologis mengetahui kebohongan seseorang

2 komentar:

  1. psikologi memang hebat. mkasih ya udah sering berkunjung..
    (y)

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com