CIRI-CIRI DIABETES

Pengertian Diabetes Mellitus Diabetes mellitus adalah istilah untuk sebutan penyakit yang di Indonesia dikenal dengan nama penyakit gula atau kencing manis, istilah ini berasal dari bahasa Yunani. Diabetes artinya mengalir terus, mellitus artinya madu atau manis.

Ini Dia Ciri-Ciri Diabetes :
1.    Keseringan Buang Air Kecil
Buang air kecil akan menjadi sering jika terlalu banyak glukosa dalam darah. Jika insulin tidak ada atau sedikit maka ginjal tidak bisa menyaring glukosa untuk kembali ke darah. Lalu ginjal akan menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa. Hal ini membuat kantung kemih penuh dan orang jadi sering pipis.

2.    Sering Merasa Haus
Karena sering buang air kecil, Anda akan menjadi lebih sering haus, karena proses penghancuran glukosa yang sulit maka air di dalam darah tersedot untuk menghancurkannya. Sehingga seseorang perlu minum lebih banyak untuk menggantikan air yang hilang.
3.    Berat Badan Menurun
Pada penderita diabetes tipe 1 (faktor genetik). Pankreas berhenti membuat insulin akibat serangan virus pada sel-sel pankreas atau respons autoimun. Akibatnya tubuh sulit mencari sumber energi karena sel-sel tidak memperoleh glukosa sehingga memecah jaringan otot dan lemak untuk energi sehingga berat badan terus menyusut.
Pada penderita diabetes tipe 2 (faktor perubahan gaya hidup), penurunan berat badan terjadi secara bertahap dengan peningkatan resistensi insulin sehingga penurunan berat badan tidak begitu terlihat.
4.    Cepat Lelah
Karena produksi glukosa terhambat sehingga sel-sel makanan dari glukosa yang harusnya didistribusikan ke semua sel tubuh untuk membuat energi jadi tidak berjalan. Karena sel energi tidak mendapat asupan sehingga orang akan merasa cepat lelah.
5.    Sering Kesemutan Pada Kaki dan Tangan
Gejala ini disebut neuropati. Terjadi secara bertahap karena glukosa dalam darah tinggi dan merusak sistem saraf. Orang-orang sering tidak menyadari bahwa itu salah satu pertanda. Kondisi gula darah tinggi kemungkinan telah terjadi beberapa tahun sebelum diagnosa. Kerusakan saraf dapat menyebar tanpa diketahui.
6.    Gejala Lain
Selain itu ada pula gejala lain yang bisa muncul seperti penglihatan kabur, kulit kering atau gatal, sering infeksi atau luka dan memar, yang membutuhkan penyembuhan dalam waktu lama merupakan tanda-tanda lain dari diabetes.

Adapun Cara Mencegahnya adalah:
    1.  Terapkan pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi setiap hari, perbanyak sayur dan buah yang mengandung banyak serat dan nutrisi yang berguna bagi tubuh.
    2.   Hindari makanan bergula atau yang terlalu manis. Misalnya cokelat, permen dan kue.
    3.   Biasakan minum air putih sebanyak 7-8 gelas per hari. Hindari pula minuman manis seperti sirup ataupun minuman bersoda.
    4.   Untuk mencegah diabetes, biasakan berolahraga secara teratur, minimal selama 30 menit setiap harinya.

Sekian yang dapat saya bagi, kalau ada kekurangan silahkan tambahkan di komentar. Baca juga Manfaat Berjalan Kaki dan Deodorant Menyebabkan Kanker

2 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com