FAKULTAS PSIKOLOGI UNM

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar adalah salah satu Fakultas yang berada di kampus I Gunungsari. Jurusan yang ada Fakultas Psikologi adalah jurusan psikologi to' yang insyaAllah akan membuka jurusan baru di tahun berikutnya.

Nah Mahasiwa Psikologi adalah mahasiswa yang tidak hanya punya intelek namun juga memiliki moral yang baik. Isu bahwa semua mahasiswa itu sama yaitu suka melakukan demonstrasi yang anarkis adalah hal yang tidak ada pada mahasiswa psikologi. Mahasiswanya melakukamn demonstrasi yang tertib dan tidak merusak fasilitas negara. Adapun sejarah tentang Fakultas Psikologi UNM ialah sebagai berikut.

Ketika IKIP Ujung Pandang dikonversi menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM) pada bulan April 1999, Program Studi psikologi belum mendapat persetujuan untuk dibuka. Berdirinya Program Studi Psikologi diawali dari adanya surat rekomendasi dari Konsorsium Psikologi keluar pada bulan Mei 2000.

Surat izin pengoperasian Program Studi Psikologi keluar dari Ditjen Dikti Depdiknas, dengan berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Atas dasar itu, dimulailah penerimaan Mahasiswa baru pertama pada tahun ajaran 2000/2001. Berdasarkan surat Dirjen Dikti Depdiknas pada tahun 2002, Progam Studi Psikologi mengalami meningkatan status menjadi Jurusan Psikologi yang disetarakan dengan Fakultas lainnya dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor Universitas Negeri Makassar.

Program studi Psikologi terus berkembang, dan perannya makin diperlukan. Alasan ini menjadi salah satu pertimbangan penting perubahan status program studi menjadi fakultas. Melalui Keputusan Rektor UNM Nomor 4820/J38.H/HK/2006, Program studi Psikologi resmi berubah status menjadi Fakultas. Organisasi dan Tata Kerja Fakultas Psikologi UNM diatur dalam keputusan Rektor UNM Nomor 16 A/J38.H/OT/2007. Jurusan Psikologi telah diakreditasi pada tahun 2005 dengan nilai C. Akreditasi berikutnya pada tahun 2011 dan telah menjadi fakultas psikologi, dan saat ini masih menunggu hasilnya dari BAN PT. 

Saat ini Psikologi telah berusia 11 tahun (menjadi jurusan selama 6 tahun dan dan menjadi fakultas selama 5 tahun). Civitas akademika Fakultas Psikologi UNM selalu memperingati hari Ulang tahunnya setiap tanggal 28 Mei dengan berbagai kegiatan.

Fakultas Psikologi telah memiliki perangkat organisasi yang diharapkan dapat mendukung efektivitas kerja seperti fakultas lainnya dalam lingkungan UNM. Pada tahun 2011, perkembangan fakultas psikologi cukup signifikan. Berdasarkan hasil evaluasi dan workshop Fakultas Psikologi terdiri dari Dekan, Pembantu dekan I,II,III, dan ketua jurusan.

Selain itu ada juga perangkat lain yang juga mendukung perkembangan fakultas yakni: Kepala Laboratorium, Biro Skripsi, Penjamin mutu, Pengelola Jurnal, Pusat Layanan Psikologi (PLP), dan enam bagian yakni Psikologi umum dan eksperimen, Psikologi Pendidikan dan pengukuran, Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan organisasi, Psikologi Sosial, Psikologi Perkembangan. Setiap bagian memiliki mata kuliah yang bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai dasar dan pengenalan tentang isi bagian ini. Selanjutnya mahasiswa dapat menentukan satu atau dua bidang minatnya dan melakukan pendalaman dengan mengambil matakuliah pilihan yang ditawarkan oleh setiap bagian.

Staff pengajar yang ada, memiliki kompetensi keilmuan pada masing-masing bagian tersebut baik pada jenjang S2, S3 maupun guru besarnya. Kegiatan kuliah tamu cukup sering dilakukan oleh fakultas psikologi. Nara sumber yang pernah memberikan kuliah tamu adalah para pakar psikologi dari dalam dan luar negeri. Kegiatan seminar dan pelatihan juga dilakukan fakultas bekerjasama dengan Pusat Layanan Psikologi (PLP) dan Himpunan Sarjana Psikologi (HIMPSI).

7 komentar:

  1. The dean is Prof.Dr.H.Syamsul Bahri Talib,M.Si :)

    BalasHapus
  2. yes,,, makasih kunjungannya yaaa.

    BalasHapus
  3. mau nanya, kalau jurusan pisikologi itu, terbagi lagi yah? seperti pisikologi pendidikan, sosial dan sebagainya..

    nah kalau mau daftar SNMPTN jurusan pisikologi sosial di UNM gimana caranya? makasih

    BalasHapus
  4. @jannah
    pembagiannya memang ada beberapa.
    seperti psikologi pendidikan, perkembangan, sosial, industri organisasi, klinis dsb.

    kalau mau masuk sosial. daftar aja dulu. nanti semester 5 baru ambil spesialis pilihan kita.

    BalasHapus
  5. trus katanya orang dikatakan pisikology/ gelar pisikology itu kalau sudah s2 yah ?

    BalasHapus
  6. iya benar.
    Ada dua gelar s2 nya yaitu S.Psi dan M.Psi.
    kalau misalkan Jannah S.Psi., M.Psi (artinya profesi psikolog)
    tapi kalau Jannah S.Psi., M.Si (artinya di bidang penelitian psikologi)

    BalasHapus
  7. untuk UNM sendiri sudah ada S2 psikologinya? jika sebelumnya bukan berasal dari psikologi, kemudian mengambil pascasarjana psikologi, kira2 nanti gelarnya M.Si aja atau bisa menjadi M.Psi?

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com