DINAMIKA KEBUDAYAAN MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN

Budaya adalah hal yang dimiliki oleh setiap pribadi yang menempati suatu daerah. Budaya sangat mempengaruhi kepribadian, locus of control, skema dan konstruk seseorang. Sebelum kita membahas bagaiman budaya mempengaruhi itu semua, ada baiknya kalau kita mengetahui dulu arti dari tiap-tiap kata itu. Ok kita mulai saja.

1.Kepribadian adalah sikap hakiki yang dimiliki setiap orang sehingga dapat membedakannya dari orang lain.
2.Locus of control adalah proses bagaimana seseorang mengartikan sebab akibat dari suatu kejadian yang terjadi pada dirinya. (apakah itu disebabkan karena dirinya sendiri, atau disebabkan oleh lingkungannya).
3.Skema (dalam psikologi) adalah rangka atau bagan dalam pemikiran (otak) yang telah terbentuk akibat kejadian yang diserap melalui tahap perkembangan. Menurut piaget, skema akan berubah sesuai dengan perkembangan usia seseorang.
4.Konstruk adalah suatu konsep tentang bagaimana menjelaskan sesuatu. Dan itu terdiri atas kata-kata dan non kata-kata.

Mungkin ada yang bertanya, apa bedanya persepsi, konstruk dan skema?
Ketiga kata itu memang memiliki makna yang beda-beda tipis gitu loh.. hehehe.. Jadi sekilas, urutan penyerapan dalam memaknai sesuatu adalah sebagai berikut :

(INFORMASI) --->>> PERSEPSI --->>> SKEMA --->>> KONSTRUK

Nah, ketika pertama kali mendapat pemahaman tentang suatu hal, itulah yang dikatakan informasi. Setelah mengetahui hal tersebut muncul pemikiran abstrak yang pro-kontra di dalam otak, itulah yang disebut persepsi. Ketika persepsi sudah mengolah informasi sehingga dapat ditentukan mana yang baik dan mana yang buruk, itulah yang dinamakan skema. Setelah anda mempunyai skema yang kuat dan ingin membicarakan atau menyampaikannya kepada orang-orang, itulah saat dimana konstruk digunakan.

Sekarang kita ke dinamika budaya mempengaruhi Kepribadian, Locus of control, Skema dan Konstruk. Namun dalam hal ini, skema dan konstruk termasuk dalam kepribadian dan Locus of Control masuk dalam materi Psikologi Sosial, sehingga yang saya ulas kali ini adalah Kebudayaan Mempengaruhi Kepribadian.

Tahap budaya mempengaruhi Kepribadian.
Kepribadian tidaklah terbentuk dengan sendirinya, namun ia terbentuk akibat kebiasaan-kebiasaan yang relatif menetap. (intermezzo) saya sempat mengeluarkan teori sendiri bahwa "saya adalah gabungan dari beberapa orang yang mempengaruhi hidup saya". Namun saya bukan ilmuwan terkenal, sehingga teori saya itu hanya saya simpan di dompet pemberian mama sampai saat ini. hehehe

Lanjuuut -->>
Dasar dari pembentukan kepribadian adalah ketika memasuki usia 7 tahun. Tahu sendiri kan? anak-anak itu sangat suka dengan hal-hal baru yang adalah di lingkungan budaya masing-masing, apalagi anak-anak itu selalu menyenagi sesuatu yang baru dari budayanya. Itulah proses awal bahwa budaya mempengaruhi kepribadian seseorang. Faktanya, hal-hal yang menyenangkan bagi seorang anak akan cenderung menetap.
Tahap budaya mempengaruhi kepribadian adalah sebagai berikut :

a. Sistem ide
Sistem ide ini adalah hal-hal yang menyangkut masalah gagasan yang dapat diterima oleh seluruh member dalam budaya tersebut. cieehh, member... Gaulnya.
Contoh : ketika kepala suku di china mengatakan seperti ini "Setiap kita mencari uang, sadarilah bahwa itu sulit. Dan kalau kalian ingin mengeluarkan uang, haruslah sangat menghemat". Hal itu dapat diterima oleh seluruh anggota suku itu dan menjadikannya skema yang baik. Namun suku di timur tengah tidak menyetujui itu. Sehingga jelas, bahwa seseorang yang memiliki budaya yang berbeda tentu akan memilik kepribadian yang berbeda juga.

b. Sistem aktivitas
Sistem aktivitas adalah bentuk aplikasi dari sistem ide yang kemudian menjadi sistem perilaku yang turun temurun dan berfungsi sebagai pencerminan suatu budaya.
Contoh : orang China banyak yang jarang bersedekah walaupun hartanya banyak, namun orang-orang di timur tengah akan selalu berbagi jika melihat ada orang lain yang kekurangan. Sehingga jelas pula bahwa dari contoh ini, mengapa kepribadian seseorang dapat berbeda

c. Benda-benda konkret
Yang dimaksudkan dengan benda-benda konkrit disini adalah sesuatu yang dapat dicerna oleh visual. Dalam hal ini ada tujuh aspek yang pastiya berbeda ciri dari setiap budaya. Sehingga kepribadian setiap anggota dari budaya yang berbeda, ikut juga berbeda. OK? ini dia aspeknya -->>
1. Sistem Bahasa
2. Sistem Religi (bedakan Religi dan Sistem Religi yah?)
3. Sistem Kesenian
4. Sistem Mata Pencaharian
5. Sistem Ilmu pengetahuan
6. Sistem Teknologi
7. Sistem Organisasi Sosial

Sekian dulu yah. Baca juga Kebudayaan Mempengaruhi Locus of Control

3 komentar:

  1. jawabannya mi ini psikologi linbudd fahrull ???

    BalasHapus
  2. ini menurut pemahaman para psikolog linbud,,,
    so, saya mengambil gambaran umumnya saja

    BalasHapus
  3. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com